A. Uraian Tugas
a. Siswa
1. Melaksanakan prakerin sesuai dengan tujuan prakerin.
2. Menjaga kondisi, kesehatan dan keselamatan selama pelaksanaan prakerin.
3. Mengatur sendiri teknis keberangkatan selama pelaksanaan prakerin. Untuk yang tempat prakerinnya jauh dari tempat tinggal, disarankan agar bersama orang tua mencari tempat kos/tempat tinggal sementara.
4. Menaati segala tata tertib siswa prakerin 2017/2018.
5. Mencatat kegiatan yang dilakukan di DU/DI ke dalam jurnal harian.
6. Membuat laporan akhir yang dikumpul setelah prakerin.
b. Pembimbing Prakerin
1. Membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa dalam mencari lokasi DU/DI.
2. Membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa selama prakerin yang terkait dengan pelaksanaan prakerin.
3. Melukakan monitoring secara continue terhadap kegiatan selama prakerin baik menyangkut sikap, kompetensi maupun aspek lainnya.
4. Memotivasi siswa agar lebih aktif, kreatif tekun dalam mengikuti kegiatan prakerin.
5. Mengingatkan siswa agar selalu taat dan patuh terhadap segala tata tertib yang berlaku selama pelaksanaan prakerin.
6. Membimbing siswa dalam penyusunan laporan akhir.
7. Memberikan informasi kepada DU/DI mengenai hubungan prakerin dengan kurikulum SMK.
8. Mengantar siswa ke DU/DI dan menarik siswa dari DU/DI.
c. Instruktur DU/DI
1. Membimbing/mengawasi/melatih siswa selama Praktik Kerja Industri baik praktek dasar kejuruan maupun praktek keahlian pada lini produksi.
2. Bekerjasama dengan guru pembimbing dari sekolah untuk menilai hasil pekerjaan siswa baik aspek teknis meupun non teknis, sesuai dengan acuan yang ada.
3. Menganalisa hasil kemampuan siswa selama praktek industri dan menyampaikan hasil penilaian kepada pihak sekolah sesuai waktu yang ditetapkan (pada saat berakhirnya praktek industri)
4. Memberikan peringatan atau sanksi kepada siswa yang tidak mengikuti ketentuan maupun sering melanggar tata tertib yang diberlakukan.
5. Membantu/membimbing siswa untuk mengisi jurnal kegiatan siswa dan format-format lain yang disediakan oleh sekolah.
6. Memberi masukan kepada sekolah mengenai kompetensi/keahlian yang sedang banyak dibutuhkan di lingkungan DU/DI.
No comments:
Post a Comment