Thursday, May 3, 2018

PEMBELAJARAN BAHASA



PEMBELAJARAN BAHASA
Pembelajaran  yang dimaksud    dalam uraian berikut ini adalah  pembelajaran dalam situasi  formal. Pembelajaran      pada dasarnya merupakan  sebuah aktivitas  yang sistemik, sistematis,  danterencana. Dikatakan sistemik  karena di dalamnya  terdapat seperangkat  subsistem  yang saling berkaitan dan  berinteraksi  secara fungsional untuk mencapai  tujuan pembelajaran yang  telah ditetapkan. Dikatakan sistematik  karena dalam pelaksanaannya terdapat  tatanan dan tahapan yang  bersifat  procedural  dan berhubungan  secara  kronologis-kausatif) . Selanjutnya, dikatakan  terencana karena  dalam  pembelajaran  terlihat jelas  dan tegas    adanya dasar, arah/tujuan,  dan sasaran  yang ingin dicapai.

Untuk mewujudkan  ketiga karakteristik  pembelajaran bahasa,  terdapat beberapa  permasalahan yang  harus diantisipasi  dan didudukkan secara  proporsional. Permasalahan tersebut  berkaitan dengan hal-hal  berikut.
1.      Tujuan pembelajaran
2.      Materi pembelajaran
3.      Strategi pembelajaran
4.      Evaluasi
5.      Pengajar (guru).
6.      Siswa.
Masing-masing subsistem  tersebut mempunyai  peran yang penting  dan seimbang  terhadap keberhasilan  pembelajaran,  termasuk pembelajaran  Bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran bahasa,  khususnya pembelajaran  bahasa Indonesia (BI) sebagai  bahasa kedua (B2), salah satu segi sering  disorot  dan dipertanyakan adalah  strategi atau teknik, metode,  dan pendekatan  pembelajaran yang digunakan

No comments:

Post a Comment