Saturday, July 21, 2018

Mitos atau Fakta Seputar Kehamilan


Mitos atau Fakta Seputar Kehamilan

Bila  bicara tentang  mitos  seputar kehamilan  tentu banyak sekali  beredar dimasyarakat  sebagai seorang ibu  tentu harus  tahu yang mana  mitos  dan fakta seputar kehamilan.  Jangan sampai  ibu  mengikuti mitos tertentu  yang ibu  anggap benar  dan tidak berdampak  pada kehamilan  ibu. Beberapa mitos dan fakta  yang sering kita  dengarkan adalah :

1)      Ibu hamil  dilarang  minum es , karena   bisa menyebabkan bayi besar

Faktanya:
Minum es  sama sekali  tidak berpengaruh  pada ukuran  bayi yang  mempengaruhi  ukuran  bayi adalah  genetic dari orang tua. Jika  orang tuanya  memiliki perawakan   besar maka  anaknya juga  memiliki  perawakan besar selain  itu ukuran   berat bayi   dipengaruhi  oleh  gizi  yang dikonsumsi ibu  selama hamil.  Semakin  baik gizi atau  nutrisi  yang dikonsumsi ibu, maka semaikn besar juga  ukuran berat tubuh bayi.

2)      USG berbahaya  bagi kehamilan

Faktanya:
USG   adalah  pantulan gelombang  suara 20.000 hertz dan  dipakai  secara  menyebar, sejak digunakan  pertama  kali USG  tidak menyimpang   kesehatan  ibu dan janin.

3)       Mengkonsumsi  nanas dapat menyebabkan keguguran

Faktanya :
Mitos ini  tidak sepenuhnya  salah  ataupun benar. Nanas  memiliki  kandungan vitamin  yang justru  bermanfaat  bagi kesehatan  ibu dan janin.  Namun nanas  memiliki  kandungan enzim  bromelaia   yang berfungsi  memecah  protein  dalam tubuh.  Karena janin  yang baru  dikansungan  mengandung protein  sederhana maka  asupan  bromelaia diduga  menyebabkan  konstruksi  pendarahan  bahkan keguguran. Dosis  suatu  buah  nanas segar  tidak cukup tinggi untuk  bertindak mempengaruhi  kehamilan. Jadi bila  ibu ingin makan  nanas,  makanlah  dengan dosis  kecil karena  walaupun  1 buah  nanas  tidak memiliki  dampak  menggugurkan  tetapi ibu  bisa  mengalami diare  yang cukup merepotkan.

4)      Bentuk dan Ukuran Perut  Ibu Ketika Mengandung menentukan jenis kelamin

Faktanya :
Bentuk dan ukuran  perut ibu hanya  menunjukkan  kondisi otot, urine, dan posisi bayi. Sementara, jenis  kelamin dapat  diketahui  melalui pemeriksaan USG.

5)      Minuman rebusan kacang hijau  membuat rambut janin tebal.

Faktanya:
Kacang hijau   baik  di konsumsi  saat hamil  karena banyak  mengandung vitamin  dan mineral yang  dibutuhkan  tubuh,  namun kondisi  rambut tidak ada   hubungannya  dengan apa   yang dikonsumsi. Jenis  dan kondisi  rambut dipengaruhi  oleh genetic  yang  di tirukan   dari kedua orang tua.

6)      Ibu sering  mual  bertanda  hamil  bayi laki-laki

Faktanya:
Gejala mual  muntah  dipengaruhi  oleh  ketidakseimbangan hormone.  Mual muntah  juga tidak ada  hubungannya dengan jenis  kelamin bayi.

7)      Ibu hamil tidak moleh makan  pedas  karena menyebabkan  keguguran

Faktanya :
Makanan pedas  dapat merangsang   rasa mulas, perasaan ini dapat merangsang  kontraksi   dalam Rahim  sehingga  dapat  menyebabkan  keguguran.

8)      Denyut jantung janin  cepat,  menandakan  hamil  bayi perempuan

Faktanya:
Denyut jantung  tidak ada   hubungannya  dengan  jenis kelamin  bayi yang  dikandung.  Kecepatan  denyut jantung  dipengaruhi oleh usia  kehamilan.  Sekitar  usia 5 minggu  kehamilan  denyut  jantungnya  akan mirip dengan denyut jantung  ibu dan  bertambah cepat  sampai minggu ke Sembilan  dan  menurun  pada pertengahan kehamilan.

9)      Minum air kelapa  dapat mengaluskan  kulit bayi  yang dikandung

Faktanya:
 Kondisi  kulit  bayi  dipengaruhi oleh  genetic  kedua orangtuanya. 



No comments:

Post a Comment