Thursday, September 27, 2018

Keunikan Gerak Tari Tradisional


Keunikan Gerak Tari Tradisional 
Motif gerak merupakan salah satu keunikan pada tari. Motif gerak dapat dilihat dari gerak tangan, kaki, kepala atau anggota tubuh lainnya.
Contoh keunikan pada gerak mata :’

-          Keunikan pada gerak mata  dapat dijumpai  pada tari bali.
Contoh  keunikan gerak jari-jari tangan :
-          Keunikan motif dapat kita jumpai pada Tari Gendhing Sriwijaya. Pada tari Minang juga dapat kita jumpai gerakan tangan yang kuat, terkadang mengalun terkadang pula patah-patah. Motif gerak Minang banyak dipengaruhi oleh motif gerak pencak silat.
Keunikan gerak pada tangan juga dapat kita lihat pada tari Jawa gaya Surakarta maupun Yogyakarta yang memiliki bentuk jari tangan yang mencirikan karakter tari misalnya karakter gagah atau halus. Keunikan pada gerak jari tangan juga dijumpai pada tarian Dayak melalui bulu-bulu burung enggang yang diselipkan pada jari-jari tangan.
Keunikan yang berikutnya adalah keunikan gerak yang juga dapat dilihat dari ragamnya. Ragam gerak merupakan kumpulan dari beberapa motif. Pada ragam " Meniti Batang" pada tari Melayu misalnya, ada koordinasi antara motif gerak kaki, tangan dan juga badan. Setiap tari tradisional memiliki ragam gerak yang menjadi ciri khas tarian.

No comments:

Post a Comment