Tuesday, October 23, 2018

Teknik Analisis Data


Teknik Analisis Data
Data data yang telah terkumpul melalui metode observasi, wawancara, kajian pustaka dan dokumentasi, selanjutnya diseleksi, kemudian dianalisis. Analisis data menurut Moleong (2001:103), adalah proses mengorganisasikan dan mengurutkan data dalam pola, kategori, satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesa kerja seperti yang disarankan oleh data.

Sesuai dengan karakteristik penelitian ini, maka teknik yang digunakan teknik analisis diskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan teknik induktif  (kesimpulan dari khusus ke umum) yang disertai dengan argumentasi. Dalam proses deskriptif, penulis berusaha mendeskripsikan data-data yang sudah terkumpul secara sistematis dan kemudian menganalisisnya. Untuk memudahkan mendapatkan suatu kesimpulan maka penulis menggunakan teknik induksi dan argumentasi, dengan cara membadingkan dengan teori-teori, sumber-sumber yang ada serta melakukan kajian pustaka.
Pemakaian teknik observasi, wawancara dan dokumen satu sama lainnya saling melengkapi dalam konteks tri angulasi data. Dengan demikian data yang terkumpul lebih terjamin keakuratannya. Secara spesifiktahapan-tahapan pengumpulan data dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahapan pengumpulan data, display data, reduksi atau sarifikasi (Nasution, 1988:128).

No comments:

Post a Comment