Tuesday, October 23, 2018

teknik pengumpulan data


3.1              Teknik Penentuan Informan
Penentuan informan dalam penelitian ini dalah menggunakan teknik purposive sampling dengan persyaratan bahwa mereka adalah orang-orang paham dengan masalah yang dikaji. Dalam hal ini peneliti menentukan informan kunci, selanjutnya bergulir ke informan lain berdasarkan prinsip Snowball. Informan kunci ini diharapkan dapat member petunjuk lebih lanjut tentang adanya informan lain yang lebih mengetahui permasalahan dan dapat dimintai keterangan, demikian seterusnya.

Dalam penelitian ini informan kuncinya adalah Kepala SD. Negeri 5 Songan. Selanjutnya bergulir ke informan lain yaitu masyarakat di dusun Serongga yaitu kelian banjar di dusun setempat.

Teknik Pekat ngumpulan Data
Sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, maka pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara dan melalui studi pencatatan dokumen.

3.2.1    Teknik Observasi
Teknik observasi dapat dibagi dua yaitu :1) Metode observasi Partisipan merupakan peneliti terlibat langsung ketempat penelitian, dan 2) Metode observasi non Partisipan adalah peneliti hanya mengamati dan bebas mencari informasi. (Suprayogo dan Tobroni, 2001 : 169)
Teknik ini dipakai untuk mencermati lokasi upacara ngaben mendem sawa yang kemudian ada kaitannya dengan pura Bukit Sinunggal yang merupakan objek dari penelitian ini serta prosesi dari pelaksanaan upacara ngaben mendem sawa di  Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Teknik ini juga ditunjang oleh pengguna alat berupa kamera untuk mengambil gambar yang nantinya bisa memperjelas data.

3.2.2     Teknik Wawancara
Moleong (2001:13) menjelaskan bahwa wawancara adalah percakapan dengan maksud tertentu yang dilakukan oleh dua belah pihak yaitu pewancara yang mengajukan pertanyaan dan yang diwawancarai yang memberikan jawaban atas pertanyaan itu. Dalam hal ini peneliti telah menyusun daftar pertanyaan (wawancara berstruktur )secara sistematis. Namun dalam hal ini tidak menutup kemungkinan dilakukan juga wawancara bebas tanpa pedoman wawancara( tak berstruktur)
Penulis menggunakan teknik wawancara untuk melakukan wawancara dengan Kepala SD. Negeri 5 Songan dan kelian banjar Tabu. Wawancara dilakukan bertujuan mencari informasi dan data tentang bagaimana proses dilaksanakannya sekolah jarak jauh yang menyangkut jadwal pelaksanaan serta proses belajar mengajarnya. Data yang ingin diperoleh yaitu mengenai data siswa yang droup out dari sekolah.

3.2.3   Teknik Pencatatan Dokumen
Dalam penelitian ini dilakukan pula pencatatan informasi dari berbagai dokumen, seperti hasil penelitan,  photo-photo dan lain-lainyang terkait dengan masalah yang dikaji. Dalam penelitian ini peneliti mempergunakan metode kajian pustaka dan studi dokumentasi. Pemakaian teknik observasi, wawancara dan menelaah dokumen satu sama lain akan saling melengkapi dalam konteks triangulasi data. Dengan demikian data yang dikumpulkan akan lebih terjamin keakuratannya.

No comments:

Post a Comment