Saturday, November 3, 2018

Faktor - faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Faktor - faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Menurut M. Ngalin Purwato (1984) pengelompokan faktor-faktor  yang mempengaruhi hasil belajar dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu: (1) faktor dalam diri siswa yang teriri dari faktor psikologi (kondisi fisik, panca indra) dan faktor psikologis (minat, bakat, kecerdasan, motivasi, dan kemampuan kognitif), (2) faktor dari luar diri yang terdiri dari faktor lingkungan (alam dan sosial) serta faktor instrumental (kurikulum, sarana, fasilitas, guru).


Sedangkan Nana Sudjana (2004) mengatakan bahwa hasil belajar yang dicapai oleh siswa dalam belajar dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor dari dalam diri siswa itu dan faktor yang datang dari luar diri siswa dan faktor lingkungan. Faktor yang datang dari diri siswa terutama kemampuan yang dimilikinya. Disamping faktor kemampuan siswa besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar yang dicapai. Disamping faktor kemampuan yang dimiliki siswa, juga ada faktor lain seperti motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial ekonomi, faktor fisik dan psikis. Kendati demikian, hasil yang diraih masih juga bergantung pada lingkungan. Artinya ada faktor-faktor yang berada di luar dirinya yang dapat menentukan atau mempengaruhi hasil belajar yang dicapai. Salah satu lingkungan belajar yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar di sekolah, kualitas pengajaran. Kualitas pengajaran adalah tinggi rendahnya atau efektif tidaknya proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pengajaran. 

Berdasarkan berbagai pendapat tersebut, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri atas faktor fisiologis dan psikologis. Sedangkan faktor eksternal terdiri atas faktor lingkungan (fisik dan sosial) dan faktor instrumental (kurikulum, sarana-prasarana, guru, metode dan media, serta manajemen).

No comments:

Post a Comment