Saturday, November 3, 2018

PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Dalam Depdiknas (2007) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan perluasan dari TI dengan menggabungkan konsep Teknologi Komunikasi dalam Teknologi Informasi. Hal ini disebabkan oleh begitu kuatnya keterikatan antara Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai pengertian dari dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi komunikasi mempunyai pengertian luas yang meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.


Teknologi komunikasi mempunyai pengertian segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat yang lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala aspek yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media menggunakan teknologi tertentu.Bahan kajian TIK untuk jenjang SMP/MTs standar isi mencakup 3 aspek. Masing-masing aspek meliputi kompetensi sebagai berikut :


Konsep, pengetahuan, dan operasi dasar
Siswa mampu mengenali secara mendalam hakekat dan dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi, etika dan moral pemanfaatan teknologi, media massa digital, masalah ergonomis dan keamanan, dasar-dasar komputer dan pengoprasian teknologi multimedia.
Pengolahan informasi untuk produktifitas 
Siswa mampu menggunakan pengetahuan pengetahuan dan keterampilan untuk berbagai macam perangkat produktifitas teknologi meliputi : penggunaan Sistem Operasi (Operating System), melakukan ketarampilan dasar komputer, serta pengoprasian software.
Pemecahan masalah, eksplorasi dan komunikasi
Siswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam situasi kehidupan nyata untuk mendapatkan informasi, mengelola gagasan, memecahkan masalah, melakukan penelitian dan menggunakan perangkat komunikasi untuk mendapatkan dan mengirimkan informasi.
Hubungan ketiga aspek di atas dapat digambarkan seperti Gambar 2.1




Gambar 2.1 Hubungan Konsep, Pengetahuan, dan Operasi Dasar; Pengolahan Informasi Untuk Produktifitas ; Pemecahan Masalah, Eksplorasi dan Komunikasi (Depdiknas : 2007)
Visi dari mata pelajaran TIK yaitu agar siswa dapat menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap inisiatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan yang baru. 
Pada hakekatnya, kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikasi menyiapkan siswa agar dapat terlibat pada perubahan yang pesat dalam dunia kerja maupun kegiatan lainnya yang mengalami penambahan dan perubahan dalam variasi penggunaan teknologi. Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis dan saling tukar informasi secara kreatif namun bertanggungjawab. Siswa belajar bagaimana menggunakan Teknologi Informasi  dan Komunikasi agar dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan masyarakat, komunitas dan budaya. Penambahan kemampuan karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat di masa ini dan di masa mendatang.

No comments:

Post a Comment