PROSEDUR PENELITIAN
Adapun prosedur penelitian berdasarkan model tersebut di atas adalah sebagai berikut.
3.5.1 Refleksi Awal
Langkah pertama yang dilakukan sebelum melaksanakan penelitian yaitu refleksi awal terhadap proses pembelajaran dan metode yang diterapkan oleh guru. Refleksi awal ini dilakukan guna mengidentifikasi permasalahan serta kendala-kendala yang dialami oleh siswa maupun guru dalam proses pembelajaran. Langkah awal yang dilakukan dalam proses pembelajaran ini yaitu melakukan observasi terhadap proses belajar mengajar yang berlangsung di kelas dan mewawancarai guru TIK mengenai strategi yang selama ini digunakan dan hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran.
Refleksi awal digunakan sebagai dasar dalam melakukan tindakan selanjutnya, sehingga peneliti dapat merancang tindakan yang akan dilakukan dalam penelitian yang nanti diharapkan dapat memperbaiki permsalahan pembelajaran yang telah teridentifikasi. Berdasarkan hasil refleksi awal yang telah dilakukan peneliti, masalah-masalah yang teridentifikasi dalam mata pelajaran TIK di kelas VII.B adalah hasil belajar siswa yang tergolong rendah dan rendahnya kemampuan sosial antar siswa, siswa yang cepat menguasai materi pelajaran kurang bisa berbagi dengan temannnya yang sulit menerima pelajaran sehingga sulit terjadi kerjasama dalam hal berbagi ilmu pengetahuan. Ketutasan klasikal pada semester ganjil Tahun Ajaran 2011/2012 sebesar 68,57%.
Berdasarkan hasil refleksi tersebut, guru melakukan diskusi dengan peneliti untuk mencoba mencari alternatif pemecahannya. Dari hasil diskusi guru dan peneliti mencoba menerapkan Penerapan Model Pembelajaran CIRC dengan harapan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.B SMP Negeri 1 Kintamani.
Adapun tahapan-tahapan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut.
3.5.2 Siklus I
3.5.2.1 Perencanaan Tindakan I
Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka beberapa hal yang dipersiapkan dalam penelitian ini meliputi :
⦁ Menentukan materi yang akan disajikan
Materi yang akan diberikan pada siklus I termuat dalam silabus diantaranya yaitu "pengenalan perangkat keras komputer".
⦁ Menyiapkan instrumen
⦁ Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada siklus I
⦁ Menyusun skenario pembelajaran dengan model CIRC siklus I (skenario terlampir dalam RPP)
⦁ Menyiapkan tes aspek kognitif siklus I (tes evaluasi I) sesuai dengan materi yang dibelajarkan pada siklus I.
⦁ Menysun lembar observasi afektif selama proses pembelajaran.
⦁ Membagi siswa menjadi beberapa kelompok, 1 kelompok beranggotakan 5 orang. Anggota kelompok dibentuk secara heterogen berdasarkan kemampuan akademik.
3.5.2.2 Pelaksanaan Tindakan I
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah sebagai berikut.
⦁ Menyampaikan konsep dan sub konsep yang akan dibahas.
⦁ Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa
⦁ Mengumumkan pembagian kelompok
⦁ Menyampaikan mekanisme diskusi dan menyampaikan gambaran umum materi
⦁ Memberikan materi yang akan didiskusikan oleh siswa
⦁ Siswa dan kelompoknya bersama-sama mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru dalam LKS, dengan mencari informasi dari berbagai sumber yang telah disediakan.
⦁ Guru memberikan dorongan, mengarahkan, memberikan masukan pada siswa agar siswa lebih paham terhadap permasalahan yang telah diberikan
⦁ Masing-masing anggota kelompok menyiapkan hasil diskusi mereka untuk dipresentasikan
⦁ Guru secara ketat mengikuti kemajuan tiap kelompok dan menawarkan bantuan bila diperlukan.
⦁ Beberapa kelompok dipilih secara acak untuk menyajikan laporan hasil diskusi di depan kelas, sedangkan kelompok lain yang tidak menyajikan berperan sebagai pendengar yang aktif dengan mengevaluasi, mengklarifikasi, dan mengajukan tanggapan terhadap topik yang dipresentasikan oleh penyaji
⦁ Siswa melakukan evaluasi melalui diskusi kelas dengan menggabungkan masukan-masukan tentang topik yang akan dibahas
⦁ Guru mengevaluasi pemahaman siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa sesuai dengan indikator hasil belajar siswa.
⦁ Guru memberikan penghargaan kepada siswa, untuk lebih memotivasi agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran
⦁ Guru bersama-sama dengan siswa merangkum pelajaran.
3.5.2.3 Observasi
Langkah-langkah yang dilakukan dalam tahap ini yaitu:
⦁ mengevaluasi aspek kognitif siswa di akhir pelajaran dan diakhir siklus dengan tes tulis.
⦁ mengobservasi aspek afektif siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi afektif
⦁ mengevaluasi proses pembelajaran kooperatif model CIRC
⦁ mengevaluasi kendala-kendala serta kesulitan yang ditemukan selama pelaksanaan tindakan.
3.5.2.4 Refleksi
Peneliti melakukan refleksi berdasarkan observasi selama proses pembelajaran dan evaluasi berupa tes akhir siklus I . Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi hasil tindakan pada siklus I, sejauh mana hasil yang dicapai, kelemahan serta kendala yang dihadapi. Permasalahan yang muncul didiskusikan dan dicari alternatif pemecahannya, selanjutnya dirumuskan dalam suatu pilihan tindakan terbaik yang dapat dilaksanakan pada siklus II.
3.5.3 Siklus II
Pada prinsipnya siklus II sama dengan siklus I. Pada siklus II ini dilakukan perbaikan berdasarkan hasil refleksi pada siklus I dimana materi yang akan dibelajarkan pada siklus II termuat dalam silabus, diantaranya "pengenalan perangkat lunak komputer"
3.5.3.1 Perencanaan Tindakan II
Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka beberapa hal yang dipersiapkan dalam penelitian ini meliputi:
⦁ Menentukan materi yang akan disajikan
Materi yang akan dibelajarkan pada siklus II termuat dalam silabus, diantaranya yaitu "pengenalan perangkat lunak komputer".
⦁ Menyiapkan instrumen
⦁ Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada siklus II
⦁ Menyusun skenario pembelajaran dengan model CIRC siklus II (skenario terlampir dalam RPP)
⦁ Menyiapkan tes aspek kognitif siklus II (tes evaluasi II) sesuai dengan materi yang dibelajarkan pada siklus II.
⦁ Menysun lembar observasi afektif selama proses pembelajaran.
3.5.3.2 Pelaksanaan Tindakan II
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah sebagai berikut.
⦁ Menyampaikan konsep yang akan dibahas.
⦁ Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa
⦁ Mengumumkan pembagian kelompok
⦁ Menyampaikan mekanisme diskusi dan menyampaikan gambaran umum materi
⦁ Memberikan materi yang akan didiskusikan oleh siswa
⦁ Siswa dan kelompoknya bersama-sama mendiskusikan pertanyaan yang diberikan guru dalam LKS, dengan mencari informasi dari berbagai sumber yang telah disediakan.
⦁ Guru memberikan dorongan, mengarahkan, memberikan masukan pada siswa agar siswa lebih paham terhadap permasalahan yang telah diberikan
⦁ Masing-masing anggota kelompok menyiapkan hasil diskusi mereka untuk dipresentasikan
⦁ Guru secara ketat mengikuti kemajuan tiap kelompok dan menawarkan bantuan bila diperlukan.
⦁ Beberapa kelompok dipilih secara acak untuk menyajikan laporan hasil diskusidi depan kelas, sedangkan kelompok lain yang tidak menyajikan berperan sebagai pendengar yang aktif dengan mengevaluasi, mengklarifikasi, dan mengajukan tanggapan terhadap topik yang dipresentasikan oleh penyaji
⦁ Siswa melakukan evaluasi melalui diskusi kelas dengan menggabungkan masukan-masukan tentang topik yang akan dibahas
⦁ Guru mengevaluasi pemahaman siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa sesuai dengan indikator hasil belajar siswa.
⦁ Guru memberikan penghargaan kepada siswa, untuk lebih memotivasi agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran
⦁ Guru bersama-sama dengan siswa merangkum pleajaran.
3.5.3.3 Observasi
Langkah-langkah yang dilakukan dalam tahap ini yaitu:
⦁ mengevaluasi aspek kognitif siswa di akhir pelajaran dan diakhir siklus dengan tes tulis.
⦁ mengobservasi aspek afektif siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi afektif
⦁ mengevaluasi proses pembelajaran kooperatif model CIRC
3.5.3.4 Refleksi
Peneliti melakukan refleksi berdasrkan obsevasi selama proses pembelajaran dan evaluasi beruapa tes pada akhir siklus II. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi hasil tindakan pada siklus II, sejauh mana hasil yang dicapai, kelemahan serta kendala yang dialami. Permasalahan yang muncul didiskusikan dan dicari alternatif pemecahannya untuk selanjutnya segera melakukan perbaikan.
No comments:
Post a Comment