Thursday, January 3, 2019

ZAT GIZI


ZAT GIZI
A.  JENIS ZAT GIZI
Terdapat   banyak zat  gizi yang dibutuhkan   tubuh.   Masing-masing   zat gizi   mempunyai tugas   dan fungsi   yang berbeda dalam tubuh. Zat-zat   gizi ini    berdasarkan jumlah   yang dibutuhkan    bagi tubuh  dapat    dikelompokkan   menjadi dua   kelompok  besarnya itu :
1.      Makro Nutrien: Air, Karbohidrat, Lemak  dan Protein.
2.      Mikro Nutrien: Vitamin  dan Mineral.


B.  JUMLAH GIZI
Prinsip pemberian   makan   yang pertama   adalah   menyediakan   makanan   dengan julah   zat gizi   yang dikandung   makanan tersebut   yang   dapat memenuhi   kebutuhan   tubuh anak  usia  dini.    Kebutuhan   zat gizi (nutritional requirement) adalah   tingkatan jumlah   zat gizi yang   diperlukan oleh tubuh   agar semua proses  fisiologis   dapat berlangsung   dengan baik. Beberapa  factor yang mempengaruhi  kebutuhan gizi   seseorang antara  lain :
1.      Umur .
2.      Jenis kelamin.
3.      Aktivitas.
4.      Berat badan.
5.      Tinggi badan.
6.      Status Fisiologis.
7.      Genetika.
Sebagai panduan    dalam   pemberian makanan  telah disusun angka   kecukupan gizi (AKG)  atau Recommended Dietary Allowances. AKG pada    dasarnya berbeda   dengan angka   kebutuhan gizi. AKG adalah     suatu anjuran   tetang   jumlah zat  gizi yang seharusnya diperoleh  dari makanan   yang dikonsumsi   sehari-hari  agar kebutuhan gizi terpenuhi.
Berbagai pertimbangan   diperhitungkan  dalam  penyusunan  AKG  seperti variasi  kebutuhan individual   dan penyediaan   cadangan   zat gizi bagi tubuh. AKG dibuat  menurut AKG umur.
AKG dibuat   setingkat   dengan    kebutuhan   rata-rata ditambah    dua kali   simpanan  baku (standardeviasi)   sehingga sudah    mencakup lebih  dari 97.5% populasi.

No comments:

Post a Comment