Friday, September 28, 2018

A. Kependudukan dan Fungsi Musik dalam Tradisi Masyarakat Indonesia.


A.   Kependudukan dan Fungsi Musik dalam Tradisi Masyarakat Indonesia.
Penampilan music daerah di Indonesia sering berkaitan dengan music tradisi . penampilan music daerah kadang – kadang menyatu dalam pertunjukan tari, digunakan sebagai pengiring dalam upacara – upacara adat, dan sering sebagai ilustrasi pergelaran teater tradisi serta sebagai media hiburan .
Berikut beberapa fungsi music bagi masyarakat :

1)    Sarana Upacara Adat
Musik daerah bukanobjek yang otonom / berdiri sendiri. Di berbagai daerah di Indonesia bunyi – bunyian tertentu dianggap memiliki kekuatan yang dapat mendukung kegiatan magis. Inilah sebabnya music terlibat dalam berbagai upacara adat. Sebagai contoh, upacara merapu disumba menggunakan irama bunyi – bunyian untuk menmanggildan mengiring kepergian roh kepantai merapu ( alam kubur ).
2)    Musik Pengiring Tari.
Irama music dapat berpengaruh pada perasaan seseorang untuk melakukan gerakan – gerakan indah dalam hati. Contohnya tari kecak (bali), tari pakarena (Sulawesi), tari mandalika (NTB), Tari ngaseuk (Jawa Timur), tari mengaup (jambi), tari mansorandat (papua), dll. Tarian yang menggunakan irama music tradisional.
3)    Media Bermain.
Lagu – lagu rakyat (koiksongs) yang tumbuh subur di daerah pedesaan banyak digunakan sebagai media bermain anak – anak . contoh : lagu cublak – cublak, suweng dari jawa tengah, ampar – ampar pisang dari Kalimantan, ambil -ambilan dari jawa barat, tanduk majeng dari madura, sang bangau dan po kame -ame dari Betawi.
4)    Media Penerangan.
Lagu – lagu dalam iklan layanan masyarakat merupakan contoh fungsi music sebagai media penerangan . contoh : lagu keluarga berencana, pemilu, musik qusidah terbangan, dan zipin dengan syair lagu dari al-qur’an.
1.    Membandingkan Fungsi Musik Tradisi dan Fungsi Musik Masa Kini.
Fungsi musik tradisi biasanya digunakan untuk sarana upacara adat, music pengiring tari, media bermain, media penerangan. Sedangkan music masa kini biasanya untuk mengibur diri saja, media rekreatif / hiburan untuk menanggalkan segala macam kepenataan dan keletihan.

No comments:

Post a Comment