( R P P 2 )
Satuan Pendidikan :
SD
Nama Sekolah :
SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Materi Pokok : Tri Murti
Kelas / Semester : II / 1 (Gasal)
Alokasi Waktu : 4 X 4 JP
(35 Menit)
Kompetensi
Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. (RELIGIUS).
2. Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru (SOSIAL).
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
(KOGNETIF).
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia (PSIKOMOTOR).
Kompetensi
Dasar :
1.1 Membiasakan mengucapkan
salam agama Hindu.
1.2 Membiasakan mengucapkan
Dainika Upasana (doa sehari-hari).
2.1 Toleran
terhadap sesama, keluarga, dan lingkungan dengan cara menyayangi ciptaan Sang
Hyang Widhi (Ahimsa)
2.2. Berperilaku jujur (Satya), menghargai dan menghormati (Tat Tvam Asi) makhluk
ciptaan Sang Hyang Widhi
1.1
Menerima konsep Tri Murti dalam kehidupan
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1.1.1 Pempertanyakan
pengertian Tri Murti
1.1.2 Mengatakan
bagian-bagian Tri Murti
1.1.3 Menunjukkan
tugas Dewa Brahma
1.1.4 Menunjukkan
tugas Dewa Wisnu
1.1.5 Menunjukkan
tugas Dewa Siva
Tujuan Pembelajaran
Setelah pelajaran berlangsung
diharapkan :
·
Melakukan Puja Tri Sandhya secara rutin setiap
hari pagi, siang, dan sore hari.
·
Membantu orang tua di rumah, membantu teman di
sekolah.
·
Rajin belajar serta berpakaian yang bersih dan
rapi.
·
Memiliki rasa kasih sayang kepada makhluk
ciptaan Sang Hyang Widhi
·
Peserta didik mampu mempertanyakan pengertian
Tri Murti
·
Peserta didik mampu mengatakan bagian-bagian Tri
Murti
·
Peserta didik mampu menunjukkan tugas Dewa
Brahma
·
Peserta didik mampu menunjukkan tugas Dewa Wisnu
·
Peserta didik mampu menunjukkan tugas Dewa Siva
Materi Pembelajaran:
Tri Murti adalah tiga wujud/
kekuatan Tuhan yaitu :
1. Brahma = sebagai pencipta ( utpetti ) aksara A sakti Dewi Saraswati
tempat khusus pemujaannya adalah
pura Bale Agung / Pura Desa
2. Wisnu = sebagai pemelihara ( sthiti )aksara U sakti Dewi Sri / Laksmi
tempat khusus pemujaannya adalah pura puseh
3. Siwa = sebagai pelebur ( pralina )aksara M sakti Dewi Uma/Dhurga
tempat khusus pemujaannya adalah pura dalem.
Tujuan pralina
adalah menjadikan dunia
seimbang
Gambar Tri Murti
Metode Pembelajaran
-
Ceramah, Tanya jawab, observasi, demontrasi
Strategi Pembelajaran:
ü Dharmagita,Dharma santi, dharma tula
Model Pembelajaran :
-
Model Inquiri, mengamati,menanya,
mendemontrasikan
Media Pembelajaran:
-
Gambar Tri Murti,Gambar Pura dll
-
Video yang berkaitan dengan Tri Murti
Sumber Belajar
·
Buku Paket Agama Hindu , buku Guru, buku siswa
·
Gambar-gambar Dewa Tri Murti
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
waktu
|
1.
|
Pendahuluan
Mengucapkan
Panganjali, “Om Swastyastu,”
Berdoa sebelum
belajar, “Om Awighnamastu namo siddham,”
Guru mengabsen
siswa
Orientasi materi,
·
Guru menanyakan kesiapan siswa memulai
pembelajaran
·
Guru bertanya untuk mengukur pengetahuan siswa
tentang Tri Murti (pretest)
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
·
Guru menjelaskan tentang pengelolaan kelas dan
kegiatan pembelajaran.
·
Guru menjelaskan tentang manfaat dari pelajaran yang
akan dipelajari dan memberikan motivasi untuk tetap bersemangat dan selalu
menanamkan sikap disiplin, patuh, taat dan mau menghargai pendapat orang
lain.
|
5 Menit
|
2.
|
KEGIATAN
INTI:
Mengamati
·
Mendengar
dengan seksama paparan pendidik tentang Tri Murti.
·
Melihat
film / gambar terkait ajaran Tri Murti.
Menanya
·
Menanyakan
nama-nama Dewa yang tergolong Tri Murti.
·
Menanyakan
kepada pendidik dimana Tri Murti dipuja.
·
Menanyakan
kepada pendidik tugas-tugas dari dewa Tri Murti dan Sakti-Nya.
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
·
Menggali
informasitentang Tri Murti dengan sakti-Nya.
·
Menggali
informasi terkait tugas dari Tri Murti.
Mengasosiasikan
·
Menyimpulkan
bahwa Kahyangan Tiga, merupakan tempat pemujaan dewa Tri Murti.
·
Menyimpulkan
tugas-tugas masing-masing dewa Tri Murti.
Mengomunikasikan
·
Menyebutkan
tugas Dewa-dewa Tri Murti
·
Menyebutkan
nama-nama sakti dari masing-masing dewa Tri Murti.
|
25 menit
|
3.
|
Penutup
·
Guru dan Peserta didik membuat kesimpulan
tentang Tri Murti dan saktinya
·
Guru memotivasi Peserta didik dan memberi
umpan balik
·
Guru memberi saran agar Peserta didik
menyayangi alam lingkungan
·
Guru memberi saran untuk belajar lagi di rumah
dan memberikan pekerjaan rumah (PR)
·
Menutup kegiatan dengan berdoa, menghaturkan
Paramasanti, “Om Santih Santih Santih
OM”
|
5 Menit
|
Penilaian Hasil Proses dan Hasil Belajar (10 Menit)
Tehnik : Tugas, Tes Lisan, Tes
Tulis, Observasi, Portofolio
Tugas
Peserta didik diminta membuat gambar-gambar Tri Murti.
Tes
Pendidik memberikan pertanyaan baik secara lisan dan tertulis tentang Tri
Murti.
1.
Tes
Lisan
Guru memberikan pertanyaan lisan kepada Peserta
didik tentang Tri Murti
Bentuk Instrumen :
Uraian singkat
Butir Instrumen :
1.
Tiga perwujudan/
kekuatan Sanghyang Widhi disebut....
2.
Siapakah
sakti dari Dewa Brahma?
2.
Tes Tulis
1.
Dewa
Brahma dipuja di pura ....
2.
Fungsi
Dewa Siwa dalam Tri Murti adalah ....
3.
Sakti
Dewa Wisnu adalah Dewi ....
4.
Senjata
Dewa Brahma adalah ....
5.
Aksara
Suci Dewa Siwa dalam Tri Murti adalah ....
Kunci jawaban
1.
Bale
agung
2.
Sebagai
pelebur/pralina
3.
Sri/Laksmi
4.
Gada
5.
Mang/
M
Observasi
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan pengamatan,
wawancara tentang tugas dan simbol-sombol Tri Murti.
Portofolio
Peserta didik diminta untuk membuat kliping terkait Tri Murti.
Pedoman Penskoran :
1. Komponen Tugas : 1. Disesuaikan
dengan kemampuan siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru. Penilaian diberikan
berupa reward saat menjawab seperti tepuk tangan, acungan jempol dan kata-kata
motivasi.
2. Penilaian tulisan siswa dengan ketentuan skor:
a.
Tulisan rapi, bersih, dan benar skor
= A (95)
b.
Tulisan kurang rapi, kotor, tapi benar skor
= B (75)
c.
Tulisan rapi, kotor, dan tidak benar skor
= C (65)
2. Komponen Tes Lisan : Disesuaikan
dengan kemampuan siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru. Penilaian diberikan
berupa reward saat menjawab seperti tepuk tangan, acungan jempol dan kata-kata
motivasi.
3. Komponen Tes Tulis : Skor
Maksimum perolehan nilai adalah 100, masing-masing item soal nilai skor
maksimal = 20.
1. Jawaban benar nilai skor max 100
2. Jawaban kerapian tulisan skor max 100
Nilai = Skor 1
+ Skor 2 = Nilai Max (100)
2
4. Komponen Observasi : Penilaian
diberikan lebih mengacu pada penilaian sikap dan karakter.
5. Komponen Portofolio : Skor
Maksimum perolehan nilai adalah 100 dengan aspek penilaian sebagai berikut:
1. Bentuk Gambar = 100
2. Ketepatan waktu = 100
3. Kreatifitas dan Inovasi = 100
4.
Kelengkapan Tokoh utama = 100
Nilai = Skor 1
+ Skor 2 + Skor 3 + skor 4 = Nilai Max (100)
4
No comments:
Post a Comment